Photobucket

Pages

Obat Diabetes Picu Kekurangan Vitamin B12

BAGI Anda pengidap diabetes, sebaiknya lebih berhati-hati dalam menggunakan metformin dan jangan lupa memperhatikan asupan vitamin B12. Metformin ini merupakan obat yang populer digunakan para pengidap diabetes. Berdasarkan hasil studi dari University of Texas Health Science Center,metformin bisa mengakibatkan kekurangan vitamin B12. Para peneliti menemukan, 40% pasein diabetes tipe 2 yang menggunakan metforminmetformin yang mengalami defisiensi vitamin B12 juga mengalami peripheral neuropathy, bentuk kerusakan saraf yang berkaitan dengan diabetes tipe 2.

Peripheral neuropathy merupakan bentuk kerusakan saraf yang sebagian besar ditandai dengan rasa sakit, nyeri, serta kesemutan pada tangan dan kaki. Karena Peripheral neuropathymetformin untuk melalukan screening melihat kemungkinan defisiensi vitamin B12 atau melakukan suplementasi vitamin B12. Selain itu, setiap orang yang terdiagnosa mengalami peripheral neuropathy dan sekaligus juga memakai metformin sebaiknya di screening untuk memeriksa kemungkinan defisiensi.

Vitamin B12 pada umumnya terdapat pada daging dan produk-produk susu. Vitamin ini memegang peran penting dalam tubuh terutama dalam membuat sel-sel darah merah dan menjaga agar sistem saraf tetap berfungsi dengan benar. Gejala-gejala kekurangn vitamin B12 termasuk anemia, depresi, atau demensia. Tapi, seringkali tidak ada gejala khusus jika vitamin ini masih berada pada level rendah. Kekurangan vitamin B12 bisa memicu gejala-gejala saraf yang sama dengan peripheral neuropathy akibat diabetes. Tetapi, peneliti tidak bisa memastikan apakah kekurangan vitamin B12 juga turut berperan dalam munculnya peripheral neuropathy, seperti terlihat dalam studi mereka.



Pengguna metformin sebaiknya screening vitamin B12

Studi yang dipresentasikan di the American Diabetes Association̢۪s 69th Annual Scientific Sessions ini, melihat prevalensi kekurangan vitamin B12 pada 76 pengidap diabetes tipe 2 yang telah menggunakan metformin selama paling tidak 1 tahun.

Hasil studi menunjukkan, lebih dari 3/4 pengguna metformin dengan kadar vitamin B12 rendah juga menunjukkan bukti mengalami peripheral neuropathy.

"Jumlah penderita peripheral neuropathy pada kelompok yang kekurangan vitamin B12 sangat mengejutkan," ujar Mariejane Braza, salah seorang peneliti, seperti dikutip situs webmd.

Kekurangan vitamin B12, terang peneliti, belum jelas sebagai penyebab peripheral neuropathy.metformin sebaiknya melakukan screening untuk melihat kemungkinan kekurangan vitamin B12. Dan jika diperlukan, ada baiknya melakukan suplementasi untuk mengurangi risiko kerusakan saraf.
mengalami kekurangan vitamin B12 atau memiliki kadar vitamin esensial ini dalam rentang normal yang rendah. Selain itu, 77% dari pengguna merupakan komplikasi utama diabetes, peneliti berdasarkan hasil studi, menganjurkan pengguna Tetapi, lanjut peneliti lagi, pengguna

Tidak ada komentar:

Posting Komentar