Photobucket

Pages

NOBEL FISIKA DIANUGERAHKANKAN PADA PENGEMBANG INTERNET



ANUGERAH Nobel bidang fisika tahun ini berbeda dari kebiasaan. Royal Swedish Academy untuk sains, lembaga yang berwenang menilai kandidat pemenang Nobel, memulai pertimbangan pemberian anugerah tahun ini dengan puja-puji dampak luas dari Internet. Menurut mereka, perkembangan Internet yang demikian fantastis ini tak bisa lepas dari hasil temuan ketiga pemenang yang mereka rekomendasikan tersebut.

Setengah dari uang hadiah tersebut --9 juta kronor atau sekitar 7,5 milyar rupiah-diserahkan pada Jack S. Kilby, pensiunan insinyur berusia 76 tahun di perusahaan Texas Instruments di Dallas, Amerika Serikat. Kilby dihargai atas penemuan pada Integrated Circuit (IC), benda elektronik kecil yang menjadi roh komputer.

Jumlah yang sama dibagi berdua pada Dr. Zhores I. Alferov (70), direktur A. F. Ioffe Physico-Technical Institute di St. Petersburg, Russia, dan Dr. Herbert Kroemer (72), fisikawan dari Universitas California di Santa Barbara, Amerika Serikat.

Dr. Alferov dan Dr. Kroemer secara terpisah mengembangkan komponen elektronika yang disebut heterostrukture. Benda padat ukurannya sekecil panjang gelombang sinar-laser yang berfungsi untuk mempercepat penerimaan atau pengiriman sinyal secara menakjubkan. Heterostruktur disisipkan pada hampir semua perangkat yang berbasis sinar laser seperti compact disc, telepon selular, satelit, juga serat optik. ''Tanpa struktur ajaib itu, tidak akan pernah ada yang namanya CD players dan CD lainnya," kata Kroemer.

Komponen-komponen elektronik temuan ketiga orang tersebut dinilai Royal Swedish Academy, mempercepat revolusi komunikasi. Tapi yang lebih menarik, Royal Swedish kali ini mengubah kebiasaan. Selama beberapa dekade, akademi itu hanya berpihak pada para penemu materi yang besifat abstrak seperti partikel sub-atom terbaru atau rekayasa bentuk dan bahan yang tidak umum.

Hal ini diakui oleh Dr. Anders Barany, fisikawan di Universitas Stockholm dan sekretaris Komiten Nobel untuk Fisika. ''Penghargaan tahun ini memang tidak berada pada garis yang sama dengan penghargaan sebelumnya,'' kata Barany. "Apakah ini menandai sebuah arah baru, akan tetap sebuah pertanyaan," kata Barany.

Toh keputusan ini menimbulkan perdebatan diantara para ilmuwan. Dr. Michael Riordan, fisikawan di Pusat Percepatan Linear Stanford dan pengarang buku sejarah tentang transistor "Crystal Fire", menyebutkan bahwa temuan IC bukah buah karya ilmuwan. "Itu hanya hasil ketangkasan seorang insinyur,'' kata Riordan. Karena, menurutnya, IC hanya melibatkan penyusunan kembali elemen-elemen rangkaian terintegrasi.

Sedangkan penemuan transistor, yang mendapat anugrah Nobel tahun 1956, menurut Riordan, membutuhkan pengertian mendalam tentang bagaimana tingkah laku elektro-elektron di dalam materi semikonduktor seperti silicon. Hal ini dibantah oleh Kilby. Menurutnya, para pengkritik itu menggiring penghargaan hanya untuk sebuah cabang baru dalam ilmu fisika.

Beberapa ilmuan yang terlibat pada riset semikonduktor juga sangat mengagumi atas hasil inovasi Kilby tersebut. "Terus terang saya tidak berpikir akan menuju ke arah sana," kata Dr. Nick Holonyak Jr., profesor tehnik elektronika dan komputer Urbana-Champaign, Universitas Illinois.

Menciptakan IC memang membutuhkan kecerdikan dalam penyusunan transistor-transistor yang berasal dari material blok tunggal dalam jumlah yang sangat banyak. Kemudian blok-blok dirangkaikan dengan kabel dan komponen lain hingga berfungsi menjadi transistor. Sejak Kilby mengembangkan generasi pertamanya pada 1958, IC terus diperkecil. ''Proses perbaikan itu telah mencapai tingkat yang sangat mustahil untuk dipercayai," katanya. Saat ini chip komputer bahkan sudah mencapai tingkat seukuran molekul.

Pengembang IC selain Kilby ada nama lain yaitu Dr. Robert N. Noyce. Noyce mengembangkan tehnik tersebut secara terpisah dalam waktu hampir bersamaan. Noyce, yang meninggal tahun 1990, kemudian mendirikan Intel Corporation dan menjadi perusahaan raksasa dalam pembuatan chip komputer. Banyak ilmuan mengatakan jika masih hidup, Noyce akan bergabung dengan Mr. Kilby mendapatkan anugerah Nobel.

Layak atau tidak para pengembang tehnologi terapan itu mendapat Nobel. "Yang jelas, ketiga penemu itu membuat nyaman pada pengedara Internet," kata Barany, sang sekertaris panitia Nobel tersebut. ''Ini sebuah kebiasaan yang patut dihargai,'' kata Dr. Carver Mead, pensiunan profesor kehormatan dibidang Tehnik dan Sain di Institut Teknologi California.

Setiap inovasi, menurutnya, membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik dan mengubah kehidupan kebanyakan orang. ''Jadi inilah waktu bagi kita untuk memfokuskan pada materi itu yang benar benar bermanfaat bagi manusia," katanya.

Ilmuan di bidang lainnya, ahli partikel astrofisika di Universitas Hawaii, Dr. John Learned punya pendapat lain lagi. Penghargaan fisika tahun ini, menurut Learned, memiliki hubungan yang kecil dengan ilmu dasar. ''Tapi kini adalah esensi dari datangnya era komersil."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar